Mobile Antenatal Care Plus (MONAS) dan Kelas Ibu Hamil
Wilker Puskesmas Pandanwangi

Pemeriksaan kehamilan/antenatal care (ANC) adalah pelayanan kesehatan pada maternal dan neonatal yang komprehensif, terpadu, dan berkualitas.
Tujuan ANC adalah agar ibu hamil dapat melalui masa kehamilan, persalinan, serta nifas dengan selamat sesuai dengan program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi

Berawal dari adanya kasus AKI dan AKB di Kota Malang maka puskesmas Pandanwangi berupaya melakukan pencegahan dengan mencetuskan untuk membentuk MONAS .Sasaran MONAS adalah seluruh ibu hamil di wilayah kerja puskesmas pandanwangi yang tidak terakses layanan ANC terpadu di Puskesmas.
Adapun pelayanan yang diberikan dalam kegitan MONAS yaitu pengukuran Berat Badan, Tinggi Badan, Tekanan Darah, penilaian status gizi, skrining status imunisasi TT, tes laboratorium (pemeriksaan Hemoglobin, golongan darah, protein, dan HIV), tata laksana kasus resiko, pemberian biskuit ibu hamil dan tablet zat besi, serta konseling kehamilan.
Monas dilaksanakan sekaligus dengan kelas ibu hamil. Para ibu hamil sangat antusias mengikuti tahap demi tahap kelas bumil mulai dari pengisian pretest, pemberian informasi kehamilan oleh bidan wilayah hingga pengerjaan postest.Dengan terlaksanya MONAS diharapkan ibu sehat…bayi lahir selamat.

Salam Sehat?
Salam Ceria?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *